Fungsi Perawatan Kesehatan Masyarakat Untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja



PENGERTIAN
Perawat yang bekerja di perusahaan selain mempunyai pengetahuan dasar keperawatan ia juga mempunyai aspek-aspek khusus dalam tugas mereka. Karena itu dikembangkan spesialisasi perawatan yang disebut dengan perawatan kesehatan kerja (occuptional health nursing).
Perawatan yang bekerja di perusahaan selain harus mahir dalam perawatan, ia juga harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang penyakit-penyakit akibat kerja, mengetahui caracara pencegahan, diagnosis dini dan usaha-usaha lain dalam memberantas penyakit akibat kerja. ia juga harus mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan hubungan kerja yang kurang baik, berkurangnya gairah kerja, serta hal-hal lain. Tugas utama atau pekerjaan utama seorang perawat di perusahaan adalah melakukan promosi kesehatan dan keselamatan kerja. Berikut ini akan dibahas mengenai peranan keperawatan kesehatan kerja.
Pengertian Perawatan Kesehatan Kerja (Occupational Health Nursing) merupakan cabang dari perawatan kesehatan masyarakat, yang memberikan pelayanan pada tenaga kerja atau kelompok tenaga kerja. Pelayanan berfokus pada promosi,
proteksi, dan pemulihan kesehatan naker dalam hubungannya dengan keselamatan dan lingkungan kerja yang sehat. Pelayanan keperawatan kesehatan kerja bersifat otonom dan independen dalam menentukan penatalaksanaan keperawatan bidang kesehatan kerja. (AAOHN-American Association of Occupational Health Nursing, 1994).[...]
Pendahuluan
Pada beberapa dekade belakangan ini perkembangan dunia industri berjalan dengan pesat, demikian juga tuntutan terhadap kualifikasi pekerjaannya serta pelayanan kesehatan pada kelompok pekerja di industri. Konsep pelayanan kesehatan kerja bagi pekerja juga mengalami kemajuan yang pesat seiring denganperkembangan dunia industri.
Perusahaan adalah tempat bertemunya dua pihak yang berkepentingan. Di satu pihak owner mengusahakan keuntungan dan efisiensi sebesar mungkin, di lain pihak tenaga kerja memperjuangkan kesejahteraan termasuk kesehatan dan keluarga mereka. Di Indonesia, pemerintah membantu kelompok kedua dengan memberlakukan peraturan dan perundangan. Undangundang yang memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja adalah Undang-undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Permenaker No. Per. 03/Men/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.
Pelayanan Kesehatan Kerja umumnya dilakukan oleh dokter dan/atau perawat. Perawat yang bekerja di perusahaan merupakan perawat kesehatan masyarakat yang bekerja dalam komunitas pekerja dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan tempat kerja dan berfokus pada keselamatan kerja, serta menggunakan prinsip-prinsip pencegahan dan pengendalian efek yang merugikan selama interaksi pekerja dengan tempat kerja.
Dokter atau perawat yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan kerja seharusnya mendapatkan pendidikan tambahan atau sekurang-kurangnya pelatihan khusus dalam bidang kesehatan. Berbeda dengan profesi dokter yang mendapatkan pendidikan dasar kedokteran di perguruan tinggi, pendidikan perawatan di Indonesia masih mengenal berbagai tingkatan dari Sekolah Perawat Kesehatan, Akademi Perawatan dan Fakultas
Ilmu Keperawatan. Pemahaman tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerjanyapun jadi berbeda-beda. Dengan demikian di Indonesia terdapat beberapa jenis kualifikasi perawat yang bekerja di perusahaan.
Apapun kualifikasi perawat kesehatan (masyarakat/kesehatan kerja) peranan yang bisa dikembangkan tetap meng-acu pada ruang lingkup pelayanan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Dengan demikian, apa saja peranan perawat kesehatan masyarakat (dalam hal ini perawat kesehatan kerja) dalam kesehatan dan keselamatan kerja ?[....]
Selengkapnya…




 

© 2010 contoh skripsi terbaru