PENGARUH RASIO CAMEL TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (Studi pada Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) yang Terdaftar di Bank Indonesia)



Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Giro Wajib Minimum (GWM) terhadap Manajemen Laba. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 9 Bank Umum Syariah (BUS) & Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan tstatistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Giro Wajib Minimum (GWM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Capital Adequancy Rasio (CAR) Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Laba. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap Manajemen Laba dalam penelitian ini sebesar 23,7% sedangkan sisanya 76,3% dipengarui oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci : Manajemen Laba, Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional(BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Giro Wajib Minimum(GWM).




Share your views...

0 Respones to "PENGARUH RASIO CAMEL TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA (Studi pada Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) yang Terdaftar di Bank Indonesia) "

Poskan Komentar

 

© 2010 contoh skripsi terbaru